Berita 01 Oktober 2021

KPU KABUPATEN PURWOREJO MELAKUKAN REKAPITULASI DPB BULAN SEPTEMBER 2021

PURWOREJO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo telah melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode September 2021 pada Hari Kamis, 30 September 2021 di Aula Kantor KPU Kabupaten Purworejo. Rapat ini diikuti oleh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU, juga Kasubag serta Staff bagian Program dan Data Sekretariat KPU Kabupaten Purworejo. Agenda rapat kali ini juga berkoordinasi dengan turut mengundang instansi terkait yaitu, Perwakilan dari Polres Purworejo, Kodim 0708 Purworejo, Bawaslu Kabupaten Purworejo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Kementrian Agama Kabupaten Purworejo, serta Perwakilan dari MKKS SMA  dan SMK Se-Kabupaten Purworejo.

Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan merupakan kewajiban dari KPU sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dimana tujuan dari pemutakhiran data pemilih Berkelanjutan untuk memperaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, mencoret pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat dan memperbaharui/memperbaiki terhadap perubahan elemen data pemilih. Kegiatan tersebut dilakukan guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilu/pemilihan berikutnya.

Sesuai dengan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 366/ PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, Proses DPB yang dilakukan KPU kabupaten Purworejo dilaksanakan secara terus menerus dan Rekapitulasi hasil  update data pemilih berkelanjutan dilaksanakan secara internal setiap akhir bulan dan secara periodik setiap tiga bulan sekali dilakukan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan  dengan instansi terkait. Hasil dari rekapitulasi DPB disampaikan kepada Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Bawaslu Kabupaten Purworejo, Partai Politik tingkat kabupaten serta diumumkan di web KPU Kabupaten Purworejo.

Adapun hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode September 2021 meliputi jumlah pemilih Baru 23 dan pemilih TMS 103. Jumlah akhir pemilih hasil pemutakhiran data pemilih Bulan September adalah 601.401 pemilih, yang terdiri dari 298.329 Laki-Laki dan 303.072 Perempuan.

Untuk melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini, KPU Kabupaten Purworejo bekerja  sama dengan instansi terkait  untuk mendapatkan masukan terhadap update data pemilih. Bagi warga Purworejo diharapkan dapat  memberikan masukan berupa: Perubahan Elemen Data Pemilih, Pemilih Yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), serta juga Pemilih Baru atau Pemula yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam Daftar Pemilih. Masukan dapat disampaikan melalui formulir online http://bit.ly/FORMTANGGAPANMASY dan atau juga bisa langsung datang ke kantor KPU Kabupaten Purworejo Jalan Urip Sumoharjo No 6 Purworejo.

 

  1. Pengumuman Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode September 2021
  2. Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode September 2021
  3. Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran DPB Periode September 2021

 

Dokumentasi Kegiatan