Berita 04 Mei 2021

KPU KABUPATEN PURWOREJO MELAKSANAKAN RAPAT PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN PERIODE APRIL 2021

PURWOREJO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo telah melaksanakan Rapat Internal Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode April 2021 pada Hari Jum’at, 30 April 2021 di Ruang  Aula Kantor KPU Kabupaten Purworejo. Rapat ini diikuti oleh Komisioner KPU Kabupaten Purworejo, Kasubag  dan Staf Bidang Program dan Data Skretariat KPU Kabupaten Purworejo.

Sesuai dengan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 366/ PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, KPU Kabupaten Purworejo melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih agar mempermudah proses pemutakhiran data pemilih dalam penyusunan daftar pemilih pada pemilihan berikutnya. Proses DPB dilakukan terus menerus diluar tahapan pemilu/pilkada dan diumumkan secara resmi di website KPU Kabupaten Purworejo dan juga disosialisasikan melalui media sosial KPU Kabupaten Purworejo. Rekapitulasi hasil  update data pemilih berkelanjutan dilaksanakan secara internal setiap akhir buan dan secara periodik setiap tiga bulan sekali dilakukan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan  dengan instani terkait.

Untuk melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini, KPU Kabupaten Purworejo bekerja  sama dengan instansi terkait, seperti Bawaslu, Disdukcapil, Kodim 0708, Polres Purworejo, Kementrian Agama, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo untuk mendapatkan masukan terhadap update data pemilih. Masukan data yang  meliputi:  Pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat yang amsuk dalam DPT pemilihan Terakhir, perubahan dan perbaikan elemen data pemilih serta pemilih baru dan pemilih pemula yang memasuki usia 17 tahun.

Adapun hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode April 2021, sebanyak total 603.783 jumlah daftar pemilih, terdiri dari 299.383 pemilih laki-laki dan 304.400 pemilih perempuan.

Bagi warga Purworejo bisa juga memberikan masukan berupa: Perubahan Elemen Data Pemilih, Pemilih Yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), serta juga Pemilih Baru atau Pemula yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam Daftar Pemilih. Masukan dapat disampaikan melalui formulir online http://bit.ly/FORMTANGGAPANMASY dan atau juga bisa langsung datang ke kantor KPU Kabupaten Purworejo Jalan Urip Sumoharjo No 6 Purworejo.

Foto Dokumentasi