Berita 27 September 2020

HARI PERTAMA MASA KAMPANYE, KPU PURWOREJO GELAR DEKLARASI DAMAI

Purworejo- KPU Kabupaten Purworejo adakan deklarasi damai Pilbup Purworejo 2020 pada hari pertama masa kampanye, Sabtu, 26 September 2020 bertempat di Ganeca Convention Hall.

Hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yaitu Pjs. Bupati Purworejo yang diwakili oleh Kasatpol PP Damkar Budi Wibowo, S. Sos., M. Si., Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, S.I.K., SH, MSi, Dandim 07/08 Purworejo Letkol (Inf) Lukman Hakim, S.Sos, M. Si, Kajari Purworejo D.B Susanto, SH, MH., dan Sekda Purworejo yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Linmas  Bambang Sadyo Hastono, Pimpinan Parpol Pengusul, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo thn 2020, Tim Kampanye dan penghubung paslon (LO).

Acara diawali dengan do’a yang dibacakan oleh Drs. H. Farid Sholihin dari Kemenag Purworejo. Ketua KPU Purworejo Drs. Dulrokhim dalam sambutannya  berpesan bahwa deklarasi damai tidak hanya sekedar dideklarasikan, tidak sekedar dituliskan, namun yang utama adalah diwujudkan dalam sikap dan praktik perbuatan yang nyata.

Dulrokhim juga berpesan bahwa deklarasi damai ini bisa dilaksanakan dengan hati nurani yang jujur sehingga masyarakat Purworejo dapat menyalurkan aspirasi politiknya dengan tenang, nyaman dan penuh keselamatan dan kebahagiaan.

Sementara itu dalam sambutan Pjs Bupati Purworejo yang dibacakan oleh Kasatpol PP Damkar memberikan apresiasi kepada KPU Purworejo yang telah menyelenggarakan deklarasi damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, mudah mudahan Pilbup Purworejo 2020 bisa berlangsung dengan damai, tertib, aman, sukses dan menghasilkan Pemimpin yang amanah. Dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat di Purworejo maka Pilbup Purworejo akan terlaksana dengan sukses. Pilbup memiliki fungsi untuk menghasilkan figur figur pemimpin daerah yang benar benar mendekati kehendak rakyat. Oleh karena itu momentum ini merupakan salah satu sarana legitimasi kekuasaan.

Rakyat diharapkan mampu memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perubahan dan perbedaan yang  terjadi tidak menimbulkan gesekan gesekan yang menimbulkan perpecahan.

Pjs. Bupati juga berpesan bahwa satu hal yang sangat penting adalah terkait pandemi yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia yang penyebarannya masih sangat tinggi, oleh karena itu setiap tahapan yang dilaksanakan terutama dalam berkampanye tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. Sehingga pencegahan penularan Covid-19 dapat berjalan dengan baik.

Acara selanjutnya adalah pembacaan deklarasi damai oleh seluruh pasangan calon Pilbup Purworejo 2020 yang hadir. Ikrar damai dipandu oleh Akmaliyah, Anggota KPU kab. Purworejo divisi Sosdiklih, Parmas, SDM dan Kampanye. Ikar damai diantaranya berisi bahwa Paslon peserta Pilbup Purworejo tahun 2020 akan mewujudkan proses demokrasi yang jujur, adil, berkualitas dan bermartabat, menaati ketentuan peraturan perundang-undangan, tidak mengangkat isu SARA, saling menghormati antar paslon, tidak melakukan praktik jual beli atau manipulasi suara dan tidak melakukan penyuapan kepada pemilih maupun penyelenggara pemilihan, serta siap menerima hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020.

Setelah berikrar semua paslon menandatangi Deklarasi Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020 disaksikan oleh Forkompimda, Ketua KPU dan Bawaslu Purworejo.

Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba Vlog (Vlog Competition) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020. (humas KPU Purowrejo).