Artikel 05 Oktober 2020

BEGINI ATURAN KAMPANYE LEWAT MEDIA

Purworejo-KPU Kabupaten Purworejo telah menggelar beberapa kali sosialisasi peraturan kampanye kepada Paslon melalui Tim Kampanye maupun parpol pengussul paslon, bahkan peraturan terbaru juga sudah disosialisasikan kepada Paslon secara langsung setelah selesai kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon pada tanggal 24 September 2020 yang lalu.

Disampaikan oleh anggota KPU Div. Kampanye, Akmaliyah, ada beberapa ketentuan baru didalam kampanye, dalam hal ini akan disampaikan metode kampanye melalui media, baik media massa cetak dan/elektronik maupun media sosial dan media dalam jaringan. Kebijakan pengaturan kampanye melalui media diatur di dalam PKPU Nomor 4 tahun 2017 dan PKPU nomor 11 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU Nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan.

Kampanye melalui media sosial diperbolehkan selama masa kampanye yaitu mulai tanggal 26 September s.d 5 Desember 2020, Parpol atau gabungan Parpol, Paslon dan/atau Tim Kampanye dapat membuat akun resmi di media sosial untuk keperluan kampanye selama masa kampanye.  Akun medsos paling banyak 20 akun resmi untuk seluruh aplikasi untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Akun medsos tersebut juga wajib didaftarkan kepada KPU Kabupaten Purworejo, dan wajib dinonaktifkan paling lambat sebelum dimulainya masa tenang.

Selain itu, ketentuan baru dalam PKPU Kampanye bahwa pasangan calon juga bisa menambahkan iklan kampanye di media sosial dan media dalam jaringan (daring) yang terverifikasi pada Dewan Pers, namun waktunya berbeda dengan kampanye malalui medsos. Iklan kampanye ini baru diperbolehkan tayang 14 hari sebelum dimulainya masa tenang.  Jumlah iklan kampanye di Media Sosial untuk setiap paslon paling banyak 5 (lima) konten untuk setiap akun resmi media sosial setiap hari selama masa penayangan iklan kampanye.  Sementara itu untuk penayangan iklan kampanye di Media Daring  dilakukan dengan ketentuan, 1 (satu) banner untuk setiap Media daring yang terverifikasi pada Dewan Pers dan paling banyak di 5 (lima) Media daring yang terverifikasi Dewan Pers.

Akmaliyah juga menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Purworejo hanya memfasilitasi penayangan iklan kampanye melalui media massa cetak dan elektronik saja, dalam bentuk iklan komersial dan/atau iklan layanan masyarakat. KPU Kabupaten Purworejo  nantinya akan menentukan dan menetapkan jumlah penayangan dan ukuran atau durasi iklan kampanye. Penayangan iklan kampanye dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari sebelum dimulainya masa tenang.  KPU Kabupaten Purworejo juga akan menetapkan jadwal penayangan iklan kampanye untk setiap pasangan calon setelah berkoordinasi dengan media massa cetak dan /atau elektronik.

“Media massa dapat melakukan pemberitaan dan penyiaran sesuai dengan ketentuan perundang undangan. Pemberitaan bertujuan untuk menyampaikan berita kegiatan kampanye Parpol atau Gabungan Parpol, Paslon dan/atau Tim Kampanye kepada masyarakat. dalam memberitakan wajib mematuhi kode etik jurnalistik, etika penyiaran, dan ketentuan peraturan perundang-undangan” lanjut Akmaliyah.

Media massa cetak, elektronik dan lembaga penyiaran yang menyediakan rubrik khusus untuk pemberitaan kegiatan kampanye Parpol atau gabungan Parpol, Paslon da/atau Tim Kampanye harus berlaku adil dan berimbang.

Media massa cetak, elekronik dan lembaga penyiaran  dilarang, menjual pemblokiran segmen yaitu kolom pada media massa cetak, sub acara pada media massa elektronik dan lembaga penyiaran yang digunakan untuk pemberitaan bagi publik. Dilarang melakukan pemblokiran waktu untuk kampanye yaitu hari dan tanggal penerbitan media massa cetak, elektronik dan jam tayang pada lembaga penyiaran yang digunakan untuk pemberitaan bagi publik. Media juga Dilarang menerima program sponsor dalam format atau segmen apapun yang dapat dikategorikan sebagai iklan kampanye.

Media massa cetak, elektronik dan lembaga penyiaran dilarang menanyangkan iklan kampanye komersial selain yang difasilitasi oleh KPU. Media massa cetak dan elektronik menyediakan halaman dan waktu yang adil dan berimbang untuk pembuatan berita dan wawancara untuk setiap Parpol atau Gabungan Parpol, Paslon dan/atau Tim Kampanye. (Humas KPU Purworejo).