User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

IDPPURWOREJO-KPU Kabupaten Purworejo menggelar acara pendidikan pemilih bagi kaum disabilitas yang tergabung dalam Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) di ruang rapat Hotel Ganesha Purworejo, Kamis (125/10). Pendidikan pemilih itu dalam rangka menyongsong pemilihan Buipati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2015. Hadir 21 (dua puluh satu) orang disabilitas perwakilan dari ketua dan pengurus  IDP di tingkat kecamatan.

Menurut Ketua KPU Purworejo yang sekaligus pemberi materi, Drs. Dulrokhim mengatakan, pendidikan pemilih ini bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi pemilih dalam berdemokrasi.  Ia berharap, melalui pendidikan bagi pemilih ini mereka menjadi pemilih yang cerdas.

“Pemilih yang cerdas itu memilih berdasarkan rasionalitas, yakni memilih berdasarkan rekam jejak dan moralitas pasangan calon, serta anti money politik. Selain itu pemilih memahami proses maupun aturan-aturan dalam Pemilihan,” ujar Dulrokhim.

Ditambahkan, pemilih yang cerdas itu juga memiliki rasa tanggung jawab pribadi, datang ke TPS bukan karena dimobilisasi tetapi karena kehendak pribadi. Selain itu pemilih memahami visi, misi, dan program pasangan calon.

Dulrokhim juga menjelaskan, pada saat pemungutan dan penghitungan suara 9 Desember nanti, penyelenggara Pemilihan di tingkat TPS, yakni KPPS akan memberikan akses kemudahan bagi kaum disabilitas.

 

Ketua IDP Purworejo Rosidah mengatakan, ia menaruh apresiasi kepada KPU Purworejo atas digelarnya acara tersebut.

“Saya berterima kasih dan menaruh apresiasi kepada KPU Purworejo karena baru kali inilah kami diperhatikan dan dilibatkan dalam proses Pemilihan ini. Kami bahkan siap membantu dalam sosialisasi Pemilihan,” ujar Rosidah. (Dul, Foto: Hupmas)

Maskot
Header Spacer