User Rating: 5 / 5

Star activeStar activeStar activeStar activeStar active
 

Sesuai dengan PKPU Nomor 16 tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU No 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota,  bahwa tahapan pendaftaran PPK Pemilihan serentak tahun 2020 adalah mulai tanggal 15 Januari sampai dengan 14 Februari 2020, sedangkan dalam surat KPU RI No 12 /PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 perihal pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020, timeline pendaftaran PPK Pemilihan serentak tahun 2020 adalah tanggal 18 s.d 24 januari 2020.

Selama 7 hari masa pendaftaran PPK Pilbup Purworejo tahun 2020 di KPU Kabupaten Purworejo, semua kecamatan sudah terpenuhi jumlah minimal pendaftar yaitu 2 kali kebutuhan (5), artinya setiap Kecamatan jumlah minimal pendaftar adalah 10 orang sesuai dengan surat KPU RI Nomor 12 tahun 2020.

Dikatakan oleh Akmaliyah, S. Pd. I, M. Pd divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Purworejo, bahwa Jumlah pendaftar calon anggota PPK di KPU Kabupaten Purworejo ada 326 orang terdiri dari 217 pendaftar laki laki dan 109 pendaftar perempuan. Hal ini tentu  menggembirakan karena dilihat dari beberapa Pemilu maupun Pemilihan  sebelumnya jumlah pendaftar  kali ini semakin meningkat. Tahap selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh KPU Kab. Purworejo adalah seleksi administrasi pada tanggal 25-27 Januari dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 28-29 Januari.

Dikatakan lebih lanjut oleh Akmaliyah bahwa dalam perekrutan Badan Penyelenggara khususnya perekrutan PPK  Pilbup 2020 yg sedang berjalan tahapannya, KPU Kabupaten Purworejo akan melaksanakan dengan  terbuka dan profesioanal  sesuai dengan regulasi yang ada. Seleksi secara terbuka untuk mendapatkan penyelenggara Pemilu yang berkualitas.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs. Dulrokhim juga menjelaskan bahwa  KPU Kabupaten Purworejo  dalam melaksanakan seleksi tertulis calon anggota PPK pilbup 2020 menggunakan metode seleksi tertulis berbasis komputer, yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020. Dalam pelaksanaan seleksi tertulis ini, KPU Kabupaten purworejo bekerjasama dengan SMK Batik Perbaik Purworejo.

Dalam tahapan perekrutan calon anggota PPK, KPU Kabupaten Purworejo juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon anggota PPK yang sedang mengikuti seleksi. Tanggapan dan masukan dari masyarakat tentunya akan dilakukan cek dan ricek terlebih dahulu  oleh KPU Kabupaten Purworejo dalam rangka mendapatkan Badan Penyelenggara yang betul betul berintegritas, kapabel,  independen dan tidak berpihak pada peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020.

Dalam pelaksanaan perekrutan calon anggota PPK, KPU Kabupaten Purworejo juga selalu terbuka terhadap kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh  Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Purworejo. Koordinasi dan komunikasi dengan Bawaslu Kabupaten juga selalu dilakukan oleh KPU Kab.kpu prov

Antusiasme masyarakat untuk turut serta berpartisipasi sebagai Penyelenggara Pemilu dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo kali ini terbilang tinggi bila dilihat dari jumlah pendaftar yang ada. Hal ini diharapkan bisa berlanjut dalam perekrutan PPS dan KPPS mendatang. Harapanya juga  bahwa partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo tahun 2020 meningkat atau paling tidak bisa mencapai angka yang tidak jauh berbeda  dengan angka partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2019 yang lalu. (Akm)

Maskot
Header Spacer