User Rating: 1 / 5

Star activeStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

fgdSalatiga, KPU Kabupaten Purworejo menghadiri FDG Sosialisasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 Diera Digital yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, 16-17 Desember 2019 bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat. Dalam kesempatan tersebut Yulianto menyampaikan bahwa dalam kegiatan Sosialisasi diera Digital semakin  terbuka luas kreativitas dan innovasi dalam pelaksanaan Sosialisasi Pemilu maupun Pemilihan oleh Penyelenggara Pemilu ditingkat Kabupaten/Kota khususnya menghadapi Pilkada serentak 2020.

 Dalam kesempatan tersebut Yulianto juga berpesan agar KPU Kabupaten kota bermitra seluas luasnya dengan stakeholder, Ormas, Orga maupun OKP  dimasing masing daerah dalam menyelenggarakan Pilkada. Karena dengan membuka komunikasi, berkoordinasi dan  berjejaring seluas luasnya maka setengah dari permasalahan sudah selesai. Dalam melakukan sosialisasi KPU Kabupaten/Kota juga hendaknya menggandeng pihak pihak tersebut, agar informasi dalam setiap tahapan Pemilihan  bisa sampai kepada masyarakat luas secara tepat, cepat dan akurat.

 

 Peran divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM juga sebagai Humas atau Publik Relation (PR) KPU sehingga divisi tersebut harus betul betul menghayati peran, memahami semua regulasi dan tahapan Pemilu maupun Pemilihan, serta bertanggungjawab penuh atas informasi dari lembaga KPU di daerah yang akan disampaikan kepada masyarakat, sekretariat KPU Kabupaten/Kota juga  harus kuat karena berperan sebagai  support system dari lembaga KPU.

 KPU Provinsi Jawa tengah sudah mengawali sosialisasi berbasis digital melalui Launching E-RPP yang dinamakan E Rumah Joglo Pemilu KPU Provinsi Jawa Tengah pada hari Minggu 15 Desember 2019, E RPP KPU Provinsi Jawa Tengah menjadi Pilot Project dari KPU Republik Indonesia, sebagai awal dari pembentukan E-RPP yang merupakan program dari KPU RI yang harus dilaksanakan oleh KPU Provinsi serta KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia.

 Sementara itu anggota KPU Provinsi Jawa tengah Paulus Widiyantoro, Putnawati dan Diana Ariyanti juga memberikan arahan dalam pembukaan FDG dan berpesan bahwa kedepan akan banyak forum untuk  semua anggota KPU untuk menulis jurnal, sudah diawali dengan Call of Paper yang diselenggarakan oleh KPU RI untuk mengevaluasi Pemilu serentak tahun 2019. KPU sekarang sudah memulai untuk melakukan digitalisasi hasil hasil Pemilu supaya semua proses dan hasil Pemilu terekam dengan baik dan dapat diakses oleh semua masyarakat.

Setelah pembukaan, kegiatan FGD Sosialiasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 Diera Digital dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber Ketua KIP Jawa Tengah Sosiawan yang memberikan materi dengan tema Mewujudkan Pilkada 2020 Yang Berkualitas Melalui Keterbukaan Informasi Publik dan dilanjutkan dengan materi oleh Farid Zamrani M anggota Presidium Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah dan Hoaks)  Jawa Tengah dengan tema Strategi melawan Hoaks dalam Pilkada 2020.

 Hari kedua kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pemateri dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diisi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jawa Tengah yang memaparkan Peran Pemerintah Provinsi  dalam Pilkada Serentak tahun  2020. (akmal)

Maskot
Header Spacer