User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

fgdPURWOREJO-Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Komunitas Semua Segmen di Hotel Ganesha, Selasa (20/1). Kegiatan FGD tersebut diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua ormas, mahasiswa, dan insan pers di Purworejo.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs. Dulrokhim dalam sambutannya mengatakan, tujuan digelarnya FGD ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dimana dari Pemilu ke Pemilu partisipasi masyarakat cenderung menurun.

Dari data yang ada, partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jateng Tahun 2008 sebanyak 62,46 persen, dan pada Pilgub Jateng 2013 sebanyak 58,52 persen.

Beberapa peserta diantaranya Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Purworejo Drs. H. Pudjiono mengusulkan agar KPU melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula terutama Ketua OSIS dan guru PKN. KPU juga mendorong paslon dan parpol untuk menggerakkan mesin partai agar kadernya datang ke TPS. Selain itu, para intelektual juga perlu digarap.

Sementara itu Gunarwan SE dari perwakilan insan pers mengusulkan agar KPU Purworejo memanfaatkan petugas paling bawah PPS untuk sosialisasi. Dalam sosialisasi tersebut, KPU Purworejo harus benar-benar mengawal agar benar-benar terlaksana.

“Dalam kegiatan keagamaan juga perlu disampaikan pesan pentingnya memilih pemimpin yang amanah. Sedang untuk pemilih di luar kota supaya dibujuk agar bisa kembali dan mencoblos saat pemilihan. Dan melibatkan tokoh masyarakat dalam sosialisasi,” imbuh Gunarwan. (Dr, Foto: Hupmas).

Maskot
Header Spacer