User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

bimtek verfakPURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo kembali menggelar Bimbingan Teknis “Pelaksanaan Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2017” bersama 14 parpol yang ada di Purworejo di Hotel Sanjaya Inn, Rabu (13/12). Bimtek dibuka oleh Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, sedang pengisi materi dari Divisi Hukum Purnomosidi, S.Pt.

Menurut Dulrokhim, setelah tahapan penelitian administrasi hasil perbaikan dan  penyerahan Berita Acara hasil penelitian administrasi hasil perbaikan, akan dilanjutkan pelaksanaan Verifikasi Faktual. Guna menyongsong pelaksanaan Verfak tersebut, maka dilaksanakan kegiatan Bimtek Verifikasi Faktual.

Sementara itu Divisi Hukum KPU Purworejo Purnomosidi SPt mengatakan, Verfak akan dilaksanakan mulai 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018 terhadap parpol yang lulus penelitian administrasi.

“Verfak dilakukan untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan parpol yang meliputi jumlah dan susunan kepengurusan Parpol di tingkat kabupaten. Pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat kabupaten. Domisili kantor tetap kepengurusan parpol tingkat kabupaten sampai dengan tahapan terakhir Pemilu, dan keanggotaan parpol paling sedikit 1/1.000 dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan parpol tingkat kabupaten,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, verfak dilakukan dengan cara mendatangi kantor tetap pengurus parpol tingkat kabupaten untuk mencocokkan kebenaran adanya pengurus parpol sesuai dengan yang tertera dalam surat keputusan kepengurusan.

 

Selain itu juga mengecek jumlah dan susunan pengurus parpol tingkat kabupaten dengan mencocokkan kebenaran surat keputusan kepengurusan parpol tingkat kabupaten dan daftar nama pengurus, yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara sesuai Lampiran 3 Model F-1-Parpol dengan nama pengurus parpol yang bersangkutan.

Mengenai keterwakilan perempuan, menurut Purnomosidi, unsur keterwakilan 30 persen perempuan bersifat mutlak dan tidak dapat diwakilkan oleh unsur pengurus lainnya. Sedang untuk verfak keanggotaan parpol dilakukan dengan menemui anggota parpol yang tercantum dalam Lampiran 2 Model F2-Parpol untuk mencocokan kebenaran dan kesesuaian dengan identitas anggota pada KTA dan KTP-elektronik.

Metode yang digunakan untuk verfak parpol menggunakan metode acak sederhana. Yakni menghitung jumlah sampel yang diambil dengan rumus 10 persen dikalikan jumlah anggota yang diserahkan parpol. Lalu menentukan sampel awal dengan cara pengundian nomor awal dimulai nomor 1 sampai 10 pada jumlah anggota di setiap wilayah daerah kabupaten sebagai nomor awal pencuplikan jumlah anggota yang akan dilakukan Verfak.

“Selanjutnya ditentukan interval sampel yang akan dicuplik dengan cara membagi jumlah anggota dengan jumlah sampel. Hasil verfak diproyeksikan terhadap jumlah populasi, untuk diketahui pemenuhan syarat minimal 1/1000 anggota parpol di wilayah kabupaten,” imbuhnya.

Dicontohkan, partai Nanas menyerahkan data 1000 anggota maka jumlah sampel yang diverfak 100 anggota. Setelah diverfak terdapat kesalahan sebanyak 20 anggota. Maka jumlah anggota yang memenuhi syarat yakni jumlah sampel dikurangi data anggota yang tidak memenuhi syarat (100-20) dikalikan 100/10 hasilnya 800. Kesimpulannya Memenuhi Syarat sebab proyeksi atas data anggota yang valid dari parpol itu memenuhi syarat menimal keanggotaan 771.(Dr, Foto: Hupmas) 

Maskot
Header Spacer