verminKPU Kabupaten Purworejo pada hari ini, Kamis 16 November 2018, melaksanakan kegiatan penyerahan Berita Acara Hasil Penelitian Administrasi Syarat Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019. Pelaksanaan kegiatan penyerahan hasil penelitian administrasi bertempat di aula KPU Kabupaten Purworejo, dimulai tepat jam 10.00 WIB, dan dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Purworejo, Drs. Dulrokhim.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Purworejo, proses penyampaian berita acara sepenuhnya diserahkan kepada anggota KPU Kabupaten Divisi Hukum, Purnomosidi, S.Pt. Pada kesempatan itu, Purnomosidi menyampaikan bahwa Penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi disampaikan kepada 13 (tigabelas) partai politik yang menyerahkan dokumen syarat keanggotan kepada KPU Kabupaten Purworejo pada tahap penyerahan syarat keanggotaan tanggal 3 Oktober – 17 Oktober 2017, dan diberikan tanda terima. Sebenarnya ada satu Parpol lagi yang menyerahkan berkas diluar ketigabelas Parpol tersebut yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) namun karena berkas pendaftaran ditingkat pusat dinyatakan tidak lolos maka KPU Kabupaten Purworejo hanya melakukan penelitian administrasi kepada tigabelas Parpol tersebut.

Disampaikan pula bahwa KPU Kabupaten Purworejo telah melaksanakan tahap penelitian administrasi selama 30 hari yaitu dari tanggal 18 Oktober – 15 November 2017. Proses penelitian administrasi dilakukan dengan cara mencocokkan daftar nama anggota partai politik yang diserahkan dengan salinan bukti KTP elektronik/Surat Keterangan dan KTA. Dalam hal terdapat dugaaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat (TMS), KPU Kabupaten melakukan verifikasi faktual. Proses verifikasi faktual dilaksanakan dari tanggal 2 – 10 November 2017 dilakukan dengan cara menemui langsung anggota partai politik yang diduga ganda dengan partai lain dan tercatat sebagai anggota TNI/Polri/PNS serta dibawah umur 17 tahun/belum menikah.

Ditambahkan juga bahwa dari proses penelitian administrasi selama 30 hari tersebut diperoleh hasil bahwa dari 13 (tigabelas) partai politik yang menyerahkan berkas ke KPU Kabupaten Purworejo, dinyatakan sebanyak 4 (empat) partai politik yaitu Partai PKB, Nasdem, Berkarya dan PSI tidak memenuhi syarat karena tidak memenuhi syarat minimal keanggotaan partai politik di Kabupaten Purworejo yaitu sebesar 771. Kemudian terhadap partai politik yang tidak memenuhi syarat diberi kesempatan untuk perbaikan pada masa perbaikan selama 14 hari yaitu dari tanggal 18 November – 1 Desember 2017. Perbaikan dilakukan terhadap anggota partai politik yang dinyatakan TMS dengan memperbaiki daftar nama dan alamat  anggota disertai salinan KTP elektronik/Surat Keterangan dan KTA sejumlah minimal kekurangan keanggotaan. (Pnm, Foto : Hupmas)

Maskot