sos p hakimPURWOREJO-KPU Kabupaten Purworejo menggelar acara sosialisasi Tahapan dan Persyaratan Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Hotel Ganesha Purworejo, Jum’at (13/10). Sosialisasi diikuti oleh kepala dinas dan instansi terkait, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, akademisi, ketua ormas dan LSM, serta awak media massa cetak maupun elektronik.

Menurut Ketua KPU Purworejo Drs. Dulrokhim, sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pemahaman serta pengetahuan masyarakat mengenai Pencalonan Perseorangan dalam Pilgub Jateng 2018.

“Selain itu dalam rangka untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap proses pelaksanaan Pilgub tahun 2018,” ujar Dulrokhim.

Sementara itu, nara sumber dari KPU Provinsi Jateng anggota Divisi Hukum H. Mohammad Hakim Junaedi, M.Ag., menyampaikan Tahapan Pilgub Jateng 2018 berupa tahap persiapan dan tahap penyelenggaraan. Untuk tahap persiapan berupa perencanaan program dan anggaran, penyusunan NPHD, penyusunan dan pengesahan peraturan, sosialisasi kepada masyarakat dan bimtek kepada badan penyelenggara, pembentukan PPK, PPS, dan KPPS, pendafataran pemantau, pengolahan DP4, serta pemutakhiran daftar pemilih.

Sedang untuk tahapan pelaksanaan berupa pencalonan, sengketa TUN, masa kampanye, laporan dan audit dana kampanye, pengadaan dan pendistribusian logistik, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara, penetapan paslon terpilih, sengketa PHP, penetapan paslon hasil terpilih pasca putusan MK, pengusulan pengesahan pengangkatan paslon terpilih, evaluasi dan pelaporan.(Dr, Foto: Hupmas)

Maskot