bimtek verpolPURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo menggelar Bimbingan Teknis “Pendaftaran dan Verifikasi Parpol” bersama 15 (lima belas) parpol yang ada di Purworejo di Hotel Sanjaya Inn, Senin (2/10). Bimtek dibuka oleh Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, sedang pengisi materi dari Divisi Hukum Purnomosidi, S.Pt.

Menurut Purnomosidi, pendaftaran dibuka selama 14 hari mulai 3 s/d 16 Oktober 2017. Dalam pendaftaran di tingkat kabupaten, partai politik menyerahkan daftar nama dan alamat anggota partai, salinan KTA parpol dan salinan KTP Elektronik atau surat keterangan minimum 1.000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk.

“Tugas KPU Kabupaten Purworejo meneliti kelengkapan dan kebenaran daftar nama dan alamat anggota partai politik yang diserahkan dengan yang ada di SIPOL. Selain itu KPU Kabupaten meneliti kelengkapan dan kebenaran salinan KTA dan KTP elektronik atau Suket.

Jika lengkap, benar, dan sesuai, maka Parpol diberikan Tanda Terima oleh KPU Kabupaten. Bila terdapat kekurangan hardcopy yang diserahkan, dokumen akan dikembalikan untuk diperbaiki dalam masa pendaftaran. Partai politik yang tidak kembali mendaftar tidak dapat mengikuti tahap penelitian administrasi, ” imbuh Purnomosidi.

Purnomosidi menambahkan, KPU Kabupaten melakukan penelitian administrasi terhadap partai politik yang telah melengkapi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik. Penelitian dilakukan selama 30 hari setelah batas akhir waktu pendaftaran. Penelitian administrasi dilakukan dengan cara mencocokkan daftar nama anggota partai politik yang tercantum dalam formulir dengan salinan KTA dan KTP elektronik/suket.

“Dalam hal terdapat dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat (TMS), KPU Kabupaten melakukan Verifikasi Faktual. Keanggotaan ganda terjadi apabila satu orang menjadi anggota lebih dari satu Partai Politik, satu orang menjadi anggota lebih dari satu dalam satu Partai Politik yang sama.

“Keanggotaaan Partai Politik yang tidak memenuhi syarat terjadi apabila anggota Partai Politik berstatus sebagai Anggota TNI/Polri/PNS dan anggota partai politik belum berusia 17 tahun pada waktu pendaftaran dan/atau belum menikah,” imbuhnya.(Dr, Foto: Hupmas)

Maskot