User Rating: 1 / 5

Star activeStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

simulasiPURWOREJO-11/8 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan ke SD Mutiara Ibu yang beralamat di Jl. Dewi Sartika 3 A Sindurjan Purworejo. SD Mutiara Ibu menggelar kegiatan simulasi Pemilu yang diikuti oleh siswa/siswi kelas 5 (lima) dan 6 (enam).

Bertempat di ruang kelas mereka siswa/siswi SD Mutiara Ibu mendengarkan petunjuk dari Suwardiyo S.Pd. -Anggota KPU Kabupaten Purworejo Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih yang hadir untuk mendampingi jalannya simulasi. Suwardiyo memberikan penjelasan tahapan yang dilalui mulai penyusunan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara hingga penetapan calon terpilih.

“Kita datang untuk memberikan penjelasan mengenai Pemilu, terutama membimbing para siswa/siswi SD Mutiara Ibu yang menggelar simulasi pemungutan suara di TPS berikut penghitungan hasil suaranya” ujar Suwardiyo. Kegiatan ini sangat bagus, siswa/siswi SD sejak dini bisa mengetahui praktek berdemokrasi di Indonesia melalui Pemilu, tambahnya.

 

Ketika simulasi mau digelar banyak siswa/siswi yang bertanya, diantaranya “apakah petugas KPPS juga ikut mencoblos?” “kemudian bagaimana agar TPS tersebut ramai pemilih?”.

Siswa/siswi kami sangat antusias ketika akan diadakan simulasi Pemilu, ucap Bu Uut - Guru pendamping kegiatan tersebut. Bu Uut juga menyambut positif  dan berterima kasih atas kedatangan dari KPU Kabupaten Purworejo

Untuk menggelar simulasi tersebut pihak sekolah telah menyiapkan kotak suara, surat suara, bilik suara, alat coblos, tinta, dan petugas KPPS yang ditunjuk dari siswa/siswi, hingga 3 (tiga) calon kontestan yang mengikuti Pemilu pun ditunjuk dari siswa/siswi yang bersangkutan. (KW, Foto: Hupmas).

Maskot
Header Spacer