User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

suwardiyoSalah satu indikator keberhasilan Pemilihan Umum selain terpilihnya pemimpin yang amanah, jujur, bersih, dan berintegritas adalah tersajinya Daftar Pemilih Tetap yang valid dan akuntabel. Prakata pembuka yang disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Purworejo-Suwardiyo, S.Pd. Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Pengembangan Organisasi SDM, Umum dan Rumah Tangga dalam acara sosialisasi di Radio Irama FM (21/4) setelah sebelumnya diadakan sosialisasi yang sama di Mitra FM (19/4).

Disampaikan oleh Suwardiyo bahwa sesuai dengan SE KPU RI No. 176  tentang Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih sudah dilakukan sejak Tahun 2016 tepatnya mulai pertengahan tahun 2016 dan dilanjutkan Tahun 2017. Tujuannya adalah memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.

Kami dalam hal ini KPU Kabupaten Purworejo pada kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo antara lain Bagian Pemerintahan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Camat serta Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Purworejo, paparnya. Kemudian Prosesnya yakni Petugas register yang ada Desa/Kelurahan melakukan pencatatan data mutasi kependudukan meliputi:  nama, NIK,  tempat dan tanggal lahir, jenis kelamis, umur/usia, status perkawinan, serta alamat  lama maupun alamat baru,  baik yang pindah keluar dan pindah datang serta penduduk yang meninggal dunia, jelas Suwardiyo.

Disampaikan pula bahwa data mutasi kependudukan yang dimaksud adalah penduduk yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2015. Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini merupakan lanjutan kegiatan 2016 yang merupakan amanat dari SE KPU RI No. 176.

Dalam kesempatan  tersebut selain kegiatan Pemutakhiran Berkelanjutan disampaikan juga informasi terkait dengan Pemilu serentak 2018 yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018, untuk itu kepada masyarakat agar mempersiapkan kelengkapan dokumen kependudukan bagi masyuarakat yang belum melakukan memili e-KTP segera datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Perlindungan Penduduk, dan Keluarga Berencana untuk melakukan rekam e-KTP mengingat salah satu syarat menjadi Pemilih adalah memiliki e-KTP. Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 akan dimulai bulan Agustus 2017 dengan diawali dengan Penyusunan Program dan Tahapan, dan perekrutan Badan Ad-hoc di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan, pungkasnya. (Swd, Foto : Hupmas) 

Maskot
Header Spacer