sosiali kep kpuPURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo melakukan sosialisasi Keputusan KPU RI Nomor 15 Tahun 2017 tentang Kode Klasifikasi Arsip dan Pengkodean Naskah Dinas di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo, Kamis (23/2) di aula KPU setempat. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh komisioner, seretaris, kasubag, dan staf KPU Purworejo.

Menurut Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, tujuan sosialisasi ini untuk mewujudkan tata kearsipan yang berdaya guna dan berhasil guna serta untuk menunjang kelancaran komunikasi kedinasan dan kemudahan dalam pengendalian pelaksanaannya.

Sementara itu menurut Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik Akmaliyah, S.Pd.I., kode klasifikasi arsip merupakan sistem pengkodean kombinasi dari huruf dan angka yang penggunaannya dilakukan berdaarkan subtansi arsip.

 

“Kode klasifikasi arsip disusun untuk mempermudah pengelolaan arsip dinamis di KPU Purworejo,” ujar Akmaliyah.

Lebih lanjut dijelaskan, arsip dibagi menjadi dua klaifikasi, yakni arsip subtantif dan fasilitatif. Arsip subtantif terdiri dari arsip Persiapan Pemilu atau Pemilihan, arsip Pelaksanaan Pemilu atau Pemilihan, dan arsip Penyelesaian Pemilu atau Pemilihan.

Diimbuhkan, pengkodean pada kode klasifikasi arsip didasarkan pada subtansi naskah dinas sehingga isi dari naskah dinas dapat diketahui kode klasifikasi arsip berkaitan erat dengan pengelolaan arsip berdasarkan jadwal retensinya. Oleh karena itu selaku administrator di lingkungan KPU dituntut untuk melaksanakan tata kearsipan dan pengkodean naskah dinas secara efektif dan efisien untuk menunjang kelancaran komunikasi kedinasan dan kemudahan dalam pegendalian pelaksanaanya.

Sedang detail praktik penulisan, sosialisasi kode arsip dan naskah dinas disampaikan oleh Kasubag umum, keuangan, dan logistik Rani Dewi Sakunthi, S.E.(Dr, Foto: Hupmas) 

Maskot