sma 11PURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo kembali mengadakan Pendidikan Pemilih ‘Kelas Pemilu’ bagi pemilih pemula di SMA Negeri 11 di Butuh, Purworejo, Kamis (19/1). Pendidikan Pemilih ‘Kelas Pemilu’ ini diikuti sekitar 160 siswa kelas XI. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, terbukti banyak pertanyaan cerdas yang muncul di akhir pemberian materi.

Lima Komisioner KPU Purworejo yakni Drs. Dulrokhim Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Suwardiyo SPd Divisi Perencanaan dan Data, Akmaliyah SPdI Divisi Umum Keuangan dan Logistik, Widya Astuti SS MPar Divisi Teknis, Purnomosidi SPt Divisi Hukum,  memberikan materi ke para siswa secara bergantian.

Materi yang disampaikan yakni tentang persyaratan memilih dalam Pemilu, partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu, asas Pemilu, dan Sejarah Pemilu, serta pemungutan suara.

Menurut Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim tujuan Pendidikan Pemilih ‘Kelas Pemilu’ di SMA Negeri 11 untuk memberikan wawasan kepada pemilih pemula tentang Pemilu dan menyadarkan kepada para siswa tentang hak memilih dalam Pemilu.

 “Kami berharap para siswa paham tentang Pemilu dan sadar akan pentingnya Pemilu bagi bangsa dan negara serta bagi mereka sendiri,” ujar Dulrokhim.

Kepada kepala sekolah, Dulrokhim menawarkan tidak hanya pemberian materi ‘Kelas Pemilu’, tetapi KPU Purworejo bersedia melakukan pendampingan saat ada pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 11, maupun peminjaman peralatan untuk pemilihan OSIS seperti bilik suara maupun kotak suara.

Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Drs Sukisno MPd menyambut baik kegiatan tersebut. Ia berharap kerjama sama ini tak hanya berhenti di kegiatan ‘Kelas Pemilu’, tetapi untuk kegiatan lainnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada KPU Purworejo yang telah jauh-jauh datang ke sekolah kami. Walau sekolah kami sekolah pinggiran tetapi mendapat perhatian dari KPU. Semoga materi yang disampaikan memberikan wawasan pengetahuan bagi para siswa kami,” ujar Sukisno. (Dr)

Maskot