sma 2PURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo mengadakan pendidikan pemilih bagi pemilih pemula di SMA Negeri 2 Purworejo, Sabtu (21/5). Menurut Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, walau hari libur, KPU tetap menjalankan tugas melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Lima Komisioner KPU Purworejo yakni Suwardiyo, Akmaliyah, Widya Astuti, Purnomosidi, dan Dulrokhim memberikan materi ke para siswa kelas XI di dalam kelas tentang pengertian Pemilu, Sejarah pemilu, Tujuan Pemilu, Manfaat Pemilu, persyaratan pemilih, dan partisipasi pemilih. Sedang metode penyampaian materi melalui ceramah dan diskusi.

 

Menurut Dulrokhim, kegiatan tersebut berujuan untuk memberikan wawasan kepada pemilih pemula tentang Pemilu dan menyadarkan kepada para siswa tentang hak memilih dalam Pemilu. Selain itu juga untuk meningkatkan partisipasi pada Pemilihan Gubernur Jateng nantinya.

Dulrokhim mengimbuhkan, kegiatan ini untuk yang ketiga kalinya setelah sebelumnya memberikan materi yang sama di SMA Bruderan Purworejo dan di SMK Negeri 7 Purworejo.

“Kami merencanakan setiap bulannya mengadakan kegiatan pendidikan pemilih bagi pemilih Pemula. Hanya saja saat bulan suci Ramadhan kita istirahat dulu. Harapannya mereka paham tentang Pemilu dan sadar akan pentingnya Pemilu bagi bangsa dan negara serta bagi mereka sendiri,” ujar Dulrokhim. (Dul, Foto : Hupmas)

Maskot