User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

Pleno

Purworejo, Setelah dua hari menggelar Rapat Pleno Terbuka, KPU Purworejo akhirnya selesai melakukan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2014,  anggota DPR ,  DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Minggu (20/4).

Seluruh rekap hasil penghitungan suara Pemilu Legislatif telah selesai dilaksanakan dan telah ditandatangani oleh beberapa saksi partai politik yang hadir sesaat setelah selesainya pembacaan hasil rekap. Rapat Pleno Terbuka di Gedung Loka Adi Bina Purworejo, yang dipimpin oleh Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim tersebut, berakhir pukul 22.00 WIB. Sebanyak 6 Daerah Pemilihan (dapil) yang terdiri 16 kecamatan sudah seluruhnya dilakukan rekapitulasi perolehan suara.

Pada Hari pertama Sabtu (23/4) pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan dimulai dari penghitungan perolehan suara anggota DPR dan dilanjutkan dengan DPD dengan lancar tanpa ada keberatan saksi. Pembacaan hasil rekap dimulai dari dapil 1 (Purworejo-Kaligesing) demikian seterusnya hingga dapil 6 (Bener, Gebang, Loano).

Pada hari kedua Minggu (24/4) rekapitulasi hasil perolehan suara DPRD Propinsi berjalan lancar, namun ketika memasuki rekapitulasi DPRD Kabupaten ada beberapa keberatan saksi yang dipicu ketidaksinkronan antara hasil perolehan yang dibacakan KPU dengan data yang ada pada saksi partai politik. Dua kecamatan yang cukup alot menjadi dinamika pleno terkait perolehan suara adalah kecamatan Kaligesing dan Banyuurip. Namun setelah melakukan klarifikasi dan sinkronisasi akhirnya perbedaan data di dua kecamatan tersebut dapat diatasi dengan transparan dan demokratis.

Maskot
Header Spacer